Menjadi berbeda adalah sesuatu yang menarik, Anda bisa bayangkan bila semua bola berwarna putih dan hanya satu yang berwarna merah, tentu yang merah menjadi eye catching. Bola merah menjadi daya tarik karena dia berbeda. Anda tahu buah nanas kan? biasanya satu tanaman nanas hanya menghasilkan satu buah nanas, namun beberapa waktu lalu di salah satu media cetak di Surabaya, diberitakan adanya tanaman nanas yang berbuah banyak & berbentuk bak 'HULK', Anda tahu ditawar berapa tanaman nanas tersebut? hanya Rp. 200 juta! Wow, menjadi berbeda ada value tersendiri karena value pembedanya tidak dimiliki oleh yang lain, tidak pada umumnya. Ada juga kisah pengemis yang memiliki 4 mobil salah satunya Honda
Banyak orang menjadi imitator atau peniru, yang membuat identitasnya menjadi bias. Berbeda berarti Anda mudah teridentifikasikan oleh orang lain dan ini menjadi keunggulan tersendiri. Dan keunggulan ini akan mudah teringat oleh orang lain tentang siapa Anda dan tentang apa yang Anda lakukan. Ini dapat memberikan kesan tersendiri kepada orang yang bertemu, berinteraksi dan menjalin hubungan dengan Anda. Hal ini tentulah berbeda bila Anda sama dengan kebanyakan orang. Yang membuat sesuatu menarik adalah sesuatu yang diluar pakem umum, paradigma umum, dan ia berada di luar kotak (out of the box). Menjadi berbeda disini menyangkut pada siapa diri Anda, apa yang ada pada diri Anda dan apa yang bisa Anda lakukan. Kita semua berada pada latar belakang dan proses kehidupan yang berbeda satu dengan yang lain, sehingga berbeda adalah sesuatu yang harus. Jangan pernah menjadi imitator atau peniru karena Anda akan kehilangan kesempatan menjadi diri Anda sendiri yang seutuhnya. Kalaupun imitator sebagai pilihan terakhir, tetaplah menjadi imitator yang berbeda dengan menciptakan attribute dan value yang berbeda.
Berbeda tidak sekedar berbeda, menjadi berbeda memerlukan :
a. Pertimbangan logis, ada perlu menganalisa kekuatan atau kelebihan yang Anda miliki yang mampu Anda kembangkan menjadi suatu keahlian. Sesuatu yang Anda sukai, sesuatu yang Anda bisa all out dalam melakukannya. Anda perlu tahu juga kelemahan yang harus diperbaiki guna menunjang kekuatan Anda. Anda perlu juga mempertimbangkan hal terburuk yang bisa terjadi serta menggali peluang yang dapat Anda tangkap dari tindakan Anda yang berbeda tersebut.
b. Keyakinan, sebagai dasar Anda melangkah dengan kemantapan setelah Anda membuat pertimbangan matang, bahkan walaupun hasil pertimbangan diatas kurang menguntungkan namun Anda tetap yakin, melangkahlah! bukankah keberhasilan seseorang juga ditentukan oleh keyakinan akan masa depan. Mereka percaya masa depan terlebih dulu walaupun belum melihat faktanya.
c. Fokus pada resources yang Anda miliki dan apa yang bisa Anda lakukan. Kembangkan dan lakukan sebaik mungkin. Tidak perlu terpancing dengan pendapat orang lain yang belum tentu benar.
Dalam dunia bisnispun kita perlu berbeda. Perkuat positioning, pertajam differensiasi dan bangunlah secara konsisten brand perusahaan Anda. Pak Tirto Utomo pendiri Aqua, pertama kali diremehkan banyak orang sewaktu pertama kali menawarkan air minum dalam kemasan (AMDK) Kini siapa yang tidak kenal Aqua dan sampai saat ini Aqua tetap berada di depan. Beliaulah yang mengubah perilaku kita minum. Anak sekarang kalau ditanya gurunya "Air sebelum diminum di...." merekapun menjawab "dipencet!" bukan lagi dimasak, benar kan? Be different! (AB)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar